November 26, 2017

[Review Anime] Sore ga Seiyuu!


Sebenarnya anime ini udah lama saya ingin menontonnya, satu hal yang membuat saya tertarik, karane judulnya “seiyuu”. Pasti bakal memperlihatkan cerita menarik, apalagi dengan grafis yang bisa saya katakan cocok untuk genre komedi. Tapi sepertinya malah lebih cocok dengan judul “drama seiyuu”. Lo, kok bisa? Yuk, langsung saja simak reviewnya.

Judul : Sore ga Seiyuu!
Tanggal Rilis : 7 Juli 2015
Episode : 13
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Slice of Life, Comedy
Sumber Cerita : Web manga
Studio : Gonzo

Sinopsis
Bermimpi untuk menjadi top pengisi suara adalah cita - cita para Seiyuu (Pengisi suara) muda, persaingan dunia akting suara sangat lah ketat dan kejam, seorang pemula bernama Futaba Ichinose sangat antusias mencari audisi dan sesi interview di berbagai perusahan. Sepanjang perjangannya, dia berteman dua teman yaitu Ichigo Moesaki yang mengaku sebagai seorang idol dari pelanet lain, dan Rin Kohana artis muda yang sedang merintis karirnya sambil sekolah secara bersamaan. Bersama-sama meraka mulai menjajalii hidup keras untuk mencapai tujuan utama mereka yaitu seorang seiyuu prefesional dan terkenal sejagad.

Jalan Cerita
Namanya juga seiyuu, ya bagaimana pun juga anime ini bercerita tentang pengisi suara. Atau lebih tepatnya kehidupan pengisi suara, yang dimulai dari awal melakukan pekerjaan pengisi suara lalu mendapat tawaran untuk menyuarakan karakter ini dan itu, namun dalam prosesnya terdapat drama, yang jujur saja menurut saya malah bikin kesal. sifat karakter utamnya yang bisa dibilang terlalu lemah, jadi gampang syok dan depresi. Yah, saya tidak menyalahkan, malah mungkin kalau saya jadi dia juga tanpa sadar akan melakukan hal yang sama, apalagi tekanan yang begitu besar dalam melakukan setiap pekerjaan. Cerita yang dikarang Masumi Asano ini memiliki tiga tokoh yang paling disorot, anatara lain Futaba Ichinose, Ichigo Moesaki, dan Rin Kohana. Mereka bertemu saat mengisi suarakan suatu tokoh dalam satu anime yang sama. Dan ketika ada seseorang yang melihat mereka bertiga begitu akrab dan akhirnya membuatkan unik bernama “earphones”. Nah, dari sini drama perjalanan karir mereka dimulai.

Karakter
Ini yang paling menarik, enggak main - main beberapa nama - nama terkenal seperti Kaoru Aizawa, Banjou Ginga, Yuri Gaga, Noriko Hidaka, Kie Honma, Yui Horie, Hiroshi Kamiya, Akemi Kanda, Rina Kawada, Madoka Kimura, Mai Kobayashi, Rikiya Koyama, Rie Kugimiya, Yuji Machi, Machico, Aya Nakashima, Yuuji Nara, Hiroshi Narishima, Takeru Naya, Masako Nozawa, Ryoko Shiraishi, Rina Sudou, Miku Taguchi, Chiaki Takahashi, Yukari Tamura, Mai Tomiki dan Ayane Yamada turut andil dalam memerankan karakternya sendiri. Meski dalam dunia nyata belum tentu kepribadiannya sama seperti yang diceritakan, sih. Selain itu juga ada Ayaneru yang berperan sebagai Sayo. Jujur saja, yang paling kaget pas nama Yui Horie muncul. Saya pikir cuma nama, ternyata yang menyuarakan pun orang yang sama. Terlepas dari itu, Futaba sang tokoh utama ini adalah seiyuu amatir dari Aozora Production. Sedangkan Rin adalah siswi kelas 3 SMP dan Ichigo adalah orang yang memang dari awal bercita-cita menjadi seorang Seiyuu Berkarakter.

Art
Anime ini adaptasi dari komik indie, ‘kan? (beritahu bila salah). Bila diperhatikan desain Futaba jauh berbeda dengan yang orisinil, atau hanya perasaan saya saja?. Yang jelas sih menurut saya bagian grafis ini kurang, selain ketidakcocokan dengan drama yang disajikan. Gerakan saat konser earphones juga kurang sentuhan.

Ost
Saya cuma mau memberitahukan judul lagu saja. Soalnya bingung mau ngebahas apa. Intinya lumayan lah. Lagu Pembuka: Sore ga Seiyuu! 「それが声優!」 oleh Earphones 「イヤホンズ」 (Marika Kouno, Rie Takahashi, Yuki Nagaku) dan Lagu Penutup: ♪ Anata no Omimi ni Plug In! 「あなたのお耳にプラグイン!」 oleh Earphones 「イヤホンズ」 (ep 1-5, 7-11) ♪ Mimi no Naka e 「耳の中へ」 oleh Earphones (ep 6) ♪ Hikari no Saki e 「光の先へ」 oleh Earphones (ep 12-13). Untuk lagu penutup ada sesi “request”, tapi saya enggak cari info mengenai hal itu yang benar - benar permintaan atau bukan.

Overall
Jalan Cerita : 8.7 / 10
Karakter : 8 / 10
Art : 7.5 / 10
Ost : 7 / 10
Sore ga Seiyuu! : 7.7 / 10

Awalnya saya menikmati anime ini, cuma dramanya bikin kesal. Jadi inget im@s CG, beberapa tokoh terlalu berpikir berlebihan. Tapi, justru mungkin disinilah daya tariknya. Semua pekerjaan enggak mudah, ada lika-likunya. Termasuk pengisi suara.

Next

Related


EmoticonEmoticon