November 19, 2017

[Review Anime] Cardcaptor Sakura


Kali ini saya mau memberikan review anime lawas yang pernah tayang di TV Indonesia loh ! Untuk kalian yang lahir sekitar tahun 1990 mungkin kamu tidak asing dengan ‘’Cardcaptor Sakura’’. Ya review anime lawas yang akan saya bahas kali ini adalah Anime Cardcaptor Sakura yang pernah tayang di TPI dan RCTI (kalau tidak salah, kalau salah ya maap). Untuk kalian yang belum nonton anime lawas ini, yuk ikuti Review Anime Cardcaptor Sakura.

Judul : Cardcaptor Sakura
Tanggal Rilis : 7 April 1998
Episode : 70
Durasi : 25 Menit Per Eps
Genre : Adventure, Comedy, Drama, Magic, Romance, Fantasy, School, Shoujo
Sumber Cerita : Manga
Studio : Madhouse

Sinopsis
Suatu hari, Kinomoto Sakura, siswa kelas 4 SD menemukan pada buku misterius yang disebut Clow. Setelah membukanya dan tiba - tiba angin besar datang, menyebarkan semua kartu yang ada di dalam buku itu. Sakura dipilih dan diangkat oleh Keroberos sang Penjaga Kartu untuk menangkap kartu yang tersebar. Dengan temannya Tomoyo dan saingan Syaoran, Sakura mulai petualangan yang mengubah hidupnya.

Jalan Cerita

Yang sudah kalian baca di sinopsis, itu adalah asal mula dan cerita awal bagaimana Sakura bisa menjadi seorang Cardcaptor yang harus menangkap 52 Clow Card. Jelas, rapih, simpel dari awal hingga akhir. Itulah yang saya dapatkan untuk jalan ceritanya, bahkan kalian bisa menonton anime ini sambil tiduran, karena memang ceritanya ringan dan santai, tetapi asik dan seru juga. Genre yang cukup banyak ini sebenarnya masih kurang, karena masih ada beberapa bumbu lagi seperti Shounen, Martial Art, Action, Slice of Life.

Karakter
70 episode, menurut kalian berapa banyak karakter yang Cardcaptor Sakura punya ? Tidak terlalu banyak, total karakternya hanya sekitar 26, sudah termasuk Main dan Support Karakter, sisanya hanya figuran saja. Untuk Main Karakter hanya ada 4, yaitu Sakura Kinomoto sebagai Heroine utama, Shaoran Li sebagai Hero, Tomoyo Daidouji, Keroberos sebagai Maskot. Li tidak muncul di awal episode. Karena Li akan menjadi Rival Sakura untuk menangkap Clow Card yang akhirnya menjadi aliansi dengan Sakura dan Li jatuh cinta pada Sakura. Lalu 22 sisanya adalah karakter Support seperti Kakak dan Ayah Sakura,  Meiling Li, Clow Reed, Yukito Tsukishiro, Yue dan yang lainnya. Tenang saja, akan ada penjelasan dan kapan karakter tersebut keluar, karena hanya sedikit karakter yang akan kamu lihat di awal - awal.


Art
Untuk Art sudah sangat baik untuk anime di bawah tahun 2000, jadi jangan di bandingkan dengan anime sekarang ya. Desain karakter yang menarik, ada yang lucu, manis, keren, dan sebagai lainnya ada di anime ini. Pewarnaan yang cukup tebal dan pemilihan warna yang cukup pekatlah yang diberikan untuk para karakter ini. Memang pewarnaannya tidak sekeren anime sekarang, tapi ini memang yang terbaik untuk anime ini.

Action
Action yang di berikan anime Cardcaptor Sakura adalah melawan para mahluk dari Clow Card, menggunakan sihir dari Clow Card dan kemampuan beladiri dari Li. Efek - efek yang muncul pada saat pertarungan memang tidak ‘’Wahh’’ tetapi sudah bagus untuk anime tahun 1998. Dan yang menariknya adalah Mahou Shoujo atau Magician Girl atau Penyihir Perempuan pasti mempunyai kostum setelah berubahkan ? Nah di Cardcaptor Sakura kamu akan melihat banyak kostum yang akan Sakura gunakan untuk melawan Clow Card.

Ost
Untuk lagu Opening, Cardcaptor Sakura melakukan penggantian sebanyak dua kali. Yang pertama berjudul Catch You Catch Me yang dinyanyikan oleh Gumi. Yang ke-2 berjudul Tobira wo Akete yang dinyanyikan oleh ANZA. Dan yang terakhir berjudul Platinum yang dinyanyikan oleh Maaya Sakamoto. Jika Opening di ganti sebanyak dua kali, untuk ending mereka mengganti sebanyak tiga kali !. Untuk yang pertama berjudul Groov yang dinyanyikan oleh Koumi Hirose. Yang ke-2 berjudul Honey yang dinynyikan oleh Chihiro. Dan lagu yang ke-3 berjudul Fruits Candy yang dinyanyikan oleh Megumi Kojima dan episode terakhir di ganti dengan Opening ke-3 berjudul Platinum yang dinynyikan oleh Maaya Sakamoto.

Overall

Jalan Cerita : 10 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 9.5 / 10
Action : 9 / 10
Cardcaptor Sakura : 9.4 / 10

Penilaian yang berikan adalah penilaian untuk anime tahun 2000an, jadi jika di nilai untuk anime 2015 ke atas, maka nilai untuk Anime Cardcaptor Sakura akan sangat kecil. Cardcaptor Sakura, I like this anime so much !. Salah satu anime lawas yang the best ? Cardcaptor Sakura adalah jawabannya. Ya Cardcaptor Sakura memang benar - benar salah satu anime yang the best pada tahun tayangnya.
‘’Cardcaptor Sakura won the Animage Grand Prix award for Best Anime in 1999.‘’Sumber : MyAnimeList
Kamu tidak nonton anime Cardcaptor Sakura yang sudah memenangkan Animage Grand Prix award for Best Anime tahun 1999 ? kamu bukan anime loverz sejati.

Next

Related


EmoticonEmoticon