March 29, 2018

[Review Anime] Toaru Majutsu no Index


Kali ini saya akan mereview anime yang sudah cukup lama tapi belum bisa di bilang lawas. Nah buat kalian yang belum nonton atau mau sedikit flashback anime ini, silahkan baca review ini.


Judul : Toaru Majutsu no Index
Tanggal Rilis : 5 Oktober 2008
Episode : 24
Durasi : 23 Menit per Eps
Genre : Action, Magic, Sci-Fi, Super Power
Sumber Cerita : Light novel
Studio : J.C.Staff

Sinopsis
Kota Akademi adalah kota ilmu pengetahuan di mana hampir semua pelajarnya adalah seorang Esper, manusia berkekuatan khusus. Semua Esper dibagi sesuai sehebat apa kekuatannya dengan level dari 0-5. Kamijou Touma ialah anak SMA sekaligus Esper yang memiliki kekuatan untuk menghilangkan segala kekuatan supernatural dengan hanya menyentuhnya memakai tangan kanannya. Meskipun begitu, Touma tetap termasuk Esper level 0 karena kekuatannya tidak terlalu berguna dan kekuatan itu juga tampaknya selalu mendatangkan kesialan padanya. Suatu hari, dia bertemu dengan seorang gadis bernama Index, yang mengaku sebagai seorang penyihir dari Gereja Inggris. Dia sedang dikejar-kejar karena dia memiliki 103.000 Buku Sihir Terlarang. Karena kepeduliannya, Touma pun melindungi Index dari serangan para penyihir. Dimulailah pertarungan antara ilmu pengetahuan dan sihir.

Jalan Cerita
Kalau menurut saya sih, inti jalan ceritanya sudah cukup jelas, karena di episode 1 sudah di beritahu dan bisa membayangkan kurang lebih seperti apa kedepannya dari penjelasan dan genre anime ini. Anime ini bisa di bilang seperti gado - gado, karena tidak berfokus pada pertarungan melawan musuh saja, tapi nanti juga akan ada beberapa episode yang menceritakan keseharian Touma, Index dan beberapa karakter lainnya. Kalau kalian bingung Anime ini sebenarnya bercerita tentang apa, tinggal nonton episode 1-nya, disitu ada penjelasannya dan di situ pula jadi akar cerita anime ini.

Karakter
Untuk Main Karakter sebenarnya hanya ada 2 main karakter yaitu Touma dan Index, dan yang lain hanya Karakter Support tapi ada beberapa Karakter Support yang mendapat porsi cerita tau penjelasan di anime ini, contohnya Accelerator.

Art
Kalau buat saya, Art dan segala macamnya sudah cukup bagus tapi masih ada beberapa bagian yang ''minus'', mengingat tahun pembuatannya, karena tidak adil jika di bandingkan dengan anime zaman sekarang yang tentunya sudah jauh berkembang dari tahun 2008.

Action
Bagian ini yang cukup menarik, kekuatan para esper yang unik ini membuat Action anime ini jadi greget, terutama Touma, karena hanya dengan tangan kanannya yang kosong, dia bisa meniadakan atau menghilangkan atau menetralkan semua kemampuan esper lain, contohnya railgun Misaka.

Ost
Untuk lagu OP pertama berjudul PSI-missing yang dinyanyikan oleh Kawada Mami. Untuk OP ke-2 berjudul masterpiece yang dinyanyikan sama seperti OP pertama, Kawada Mami. Lagu ED pertama berjudul Rimless ~Fuchinashi no Sekai~「Rimless~フチナシノセカイ~」yang dinyanyikan oleh IKU. Lalu lagu ED ke-2 berjudul  Chikaigoto ~Sukoshi Dake Mou Ichido~ 「誓い言~スコシだけもう一度~」yang dinyanyikan oleh IKU juga. Menurut saya semua lagunya cukup bagus dan sudah sesuai dengan animenya.

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 7 / 10
Action : 9 / 10
Ost : 8 / 10
Toaru Majutsu no Index : 8 / 10

Hal yang bisa kita pelajari dari anime ini adalah : Jangan menyerah, apa lagi sebelum mencobanya. Touma yang di anggap paling lemah tapi mempunyai kemampuan terpedam yang berguna di saat yang tepat. Jika kalian kira mampu tapi ragu, coba dulu saja.







Next

Related

1 komentar


EmoticonEmoticon