March 25, 2018

[Review Anime] Sankarea


Dulu menjelang anime ini dirilis, pertama kali saya melihat cover Sankarea ini saya tau kalau anime ini akan menjadi salah satu anime favorit saya. Bagaimana tidak, melihat posternya Rea yang begitu cantik. Well, menurut saya Sankarea merupakan salah satu anime yang cukup unik, anime yang bercerita tentang seorang zombie dan seorang manusia. Ketika kita mendengar tentang zombie pasti kita akan berpikiran tentang karnivora pemakan manusia yang hidup tanpa perasaan dengan perawakan yang busuk, tetapi zombie dalam anime ini malah kebalikannya, mereka butuh daun Hydrangea untuk mempertahankan kewarasan dan mencegah pembusukan tubuhnya.

Judul : Sankarea
Tanggal Rilis : 6 April 2012
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Comedy, Horror, Supernatural, Romance, Ecchi, Shounen
Sumber Cerita : Manga
Studio : Studio Deen

Sinopsis

Anime ini berkisah tentang Furuya Chihiro, seorang cowok yang amat menyukai hal-hal yang berbau mistis. Saking cintanya, dia sampai berkeinginan untuk berpacaran dengan zombie. Suatu hari, kucing kesayangannya mati. Furuya pun berusaha menghidupkan kucing tersebut dengan ilmu ramuan yang tertera di buku tentang zombie yang dimilikinya. Sejak saat itu Furuya terus melakukan penelitian di laboratorium gedung tua dan di tempat itulah Furuya bertemu dengan Rea. Pertemuan itu pun menjadi awal mula hubungan antara Furuya dan Rea.

Jalan Cerita
Plotnya yang menggabungkan Romance dengan Zombie mungkin akan menyebabkan prasangka awal sebagai satu lagi Comedy yang konyol. Namun, sebenarnya anime ini adalah sebuah kisah manis tentang romantisme dua remaja dari status yang berbeda, hanya dengan solusi yang sedikit tidak lazim terhadap rintangan mereka. Storytellingnya lebih terfokus pada mempelihatkan emosi para karkaternya daripada permasalahan tentang zombie, sementara sisi supernaturalnya diperlakukan layaknya sebuah science-fiction yang seolah memiliki dasar pengetahuan dan penelitian ilmiah, sehingga kadarnya terjaga dalam batas yang masih 'masuk akal' dan justru sanggup menjadi semacam misteri di latar belakang yang membuat anime ini masih senantiasa menarik dan mengundang rasa ingin tahu bahkan setelah ceritanya sendiri berakhir.

Karakter
Memang, terdapat beberapa karakter semisal Ranko atau Mero yang secara sekilas tampaknya tidak memiliki fungsi signifikan, tetapi dengan karakter - karakter lain dari sisi kisah romantis yang terintegrasi sempurna hingga menjadi elemen penting dari ceritanya, ada alasan untuk meyakini bahwa setiap karakter di anime ini akan memiliki peran mereka masing - masing, meskipun mungkin belum saatnya muncul pada serial kali ini. Twisted love dari Danichirou, yang merupakan kurungan yang lebih kokoh dan menjijikkan daripada sekadar status sosial mereka, menjadi motivasi kuat bagi Rea untuk meninggalkan rumah yang segera bisa dipahami oleh penonton. Atau, kegemaran Chihiro terhadap zombie membuat keputusannya untuk setidaknya mencoba mencari cara menghidupkan kembali kucingnya, as crazy as it was, masih bisa diterima. Meskipun terlihat hanya secara parsial, anime ini jelas tahu bagaimana menyusun dan mempersiapkan karakter-karakternya.

Art
Kalau dilihat dari segi artwork, Sankarea terbilang lumayan, terutama karakter Rea yang digambar dengan sangat bagus. Sinematografi-nya membingkai dan menyajikannya dengan cara yang paling baik. Dan, laksana sebuah masterpiece benda seni yang mampu membuat suatu eksebisi sukses, momen - momen ini sudah cukup untuk menjadikan keseluruhan anime begitu hidup dalam gerakan dan emosi.

Ost
Secara garis besar, tidak ada yang terlalu menonjol pada audionya. Namun, yang berhasil dilakukan anime ini adalah membuat momen - momen penting di dalam ceritanya, seperti ketika Rea bangkit dari kematian atau saat Chihiro akhirnya bertemu dengan Danichirou, begitu memorable. Musik latarnya dengan sempurna mengantarkan penonton masuk ke dalam emosi momen tersebut, tegang, tragis, atau yang lainnya. Oh iya, untuk Ost nya, Sankarea memiliki OP dan ED yang cukup bagus. Jadi, untuk para penikmat occult yang juga ingin menonton sedikit Romance, Sankarea bisa jadi pilihan tepat.

Overall
Jalan Cerita : 9.5 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8.8 / 10
Ost : 8.8 / 10
Sankarea : 9.1 / 10

Seorang pemuda yang ingin bercumbu dengan gadis zombie. .... Dengan gambaran awal seperti ini, kalian tidak bisa disalahkan jika menduga anime ini sebagai Comedy-Ecchi yang biasa. Namun sebenarnya, ceritanya lebih dalam daripada kisah Supernatural yang asal-asalan dan karakternya dipersiapkan lebih baik daripada tokoh - tokoh sit-com yang dangkal. Jika kalian menyukai kisah romantis dengan pikiran yang terbuka, anime ini sangat disarankan.


Next

Related


EmoticonEmoticon