March 05, 2018

[Review Anime] ID-0


Kalau kalian suka dengan anime Mecha tapi bosen nonton gundam mulu, mungkin anime ini cocok buat kalian. Anime yang bercerita tentang para penambang luar angkasa ini cukup keren loh. Penasaran? simak reviewnya^^

Judul : ID-0
Tanggal Rilis : 9 April 2017
Episode : 12
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Sci-Fi, Space, Mecha
Sumber Cerita : Original
Studio : ZANZIGEN

Sinopsis

ID-0: I-Machine merupakan istilah umum bagi robot yang beroperasi di lingkungan yang ekstrem. Mikuri Maya, seorang murid di Akademi Alliance yang terlibat dalam insiden pembajakan di tengah-tengah operasi I-Machine.

Jalan Cerita
Konsep dari anime ini seperti gabungan dari ide berbagai anime/film genre Sci-fi. Ketika di awal - awal episode kita bisa merasakan aura dari anime Cowboy Bebop, kemudian disusul elemen yang ada di anime seperti Eureka 7, Comet Lucifer, dan bahkan Avatar (Bukan Avatar yang the last Airbender loh yah, tapi Avatar yang biru - biru itu). Element dari film Avatar yang kental terasa di anime ini adalah konsep tentang Mind Trance. Mind Trance sendiri idenya adalah memindahkan kesadaran manusia dan mentransfernya ke objek lain seperti Robot. Konsep pemindahan kesadaran ini kita ingat dipakai di anime seperti SAO, Accel World, dan tentu saja Avatar. Elemen lainnya yang kental adalah masalah penambangan batuan. Batuan berharga yang ditambang disini disebut Orichalt, sebuah batuan yang dapat digunakan untuk melakukan semacam transfer dimensi. Ide ini sebenarnya cukup original, permasalahnya detail tentang Orichalt sendiri tidak dijelaskan dengan gamblang. Seiring berjalannya waktu konsep penceritaan anime ini mulai menampakan bentuknya. Tempo yang dimiliki anime ini cukup lambat di awal, namun memiliki ending yang terkesan terburu-buru. Hal ini mungkin mengingat anime ini memiliki banyak sekali hal yang diceritakan namun hanya memiliki durasi 12 episode untuk menceritakanya.

Karakter
Meskipun memiliki konsep yang lumayan keren namun jujur saya harus bilang anime ini memiliki character development yang kurang. Anime ini boleh dibilang berfokus pada kelompok penambang ilegal yang disebut perusahan Escavate. Meskipun demikian, anime ini tidak menceritakan masing - masing karakternya dengan baik. Seperti yang kita ketahui bahwa kelompok penambang liar Escavate sendiri awalnya memiliki 6 orang anggota yakni Grayman sang ketua, anaknya Clair, kedua penambang utama mereka Id 0 dan Rick, Supporting dilapangan Fa Loser dan sang Informan/Manajer Karla. Setelah berjalannya waktu anggota mereka bertambah menjadi 9 orang dengan kedatangan Maya, Alice dan Amanza. Menceritakan background story sembari menggambarkan kepribadian mereka masing - masing bukanlah hal mudah. Hal inilah yang coba dilakukan oleh animator namun sayang hal tersebut tidak berjalan dengan baik. Tidak hanya background story dari masing - masing karakter yang sepintas asal lewat, namun juga eksistentsi mereka sendiri dalam anime yang kemudian dipertanyakan. Kita contohkan Maya, dia adalah tokoh utama cerita ini namun perannya sendiri tidak lebih dari supporting karakter untuk Ido. Hal tersebut tentu membingungkan karena tanpa adanya Maya sekalipun cerita ini bisa berlanjut. Hal yang sama juga berlaku untuk Amanza dan Fa loser, keduanya pada akhirnya hanya menjadi tokoh pelengkap dari cerita ini saja tanpa kita mengetahui apa fungsi mereka berada dalam crew kapal penambang ini. Dan pada akhirnya fokus ceritanya hanya bercerita tentang Ido dan masa lalunya.

Art
Sejujurnya anime ini memiliki kualitas animasi yang sangat bagus. Harus saya akui bahwa Studio SANZIGEN tidak main - main dalam menggarap anime ini. Kita bisa melihat kualitas yang luar biasa dari anime ini. saya sendiri seakan keingetan pada kualitas animasi dari anime keluaran SANZIGEN lainnya yakni Black Rock Shooter dan Arslan Senki yang keduanya memiliki animasi yang bagus.

Ost
Anime ini memiliki 1 buah Opening dan 1 buah Ending. Opening  untuk anime ini berjudul ID 0 yang dinyayikan oleh Sayaka Sasaki. Sementara itu Ending anime ini berjudul Stellar Compass yang dinyanyikan oleh Hironobu Kageyama. Opening anime cukup bersemangat dengan animasi yang mendukung ceritanya. Hal yang saya suka adalah lagunya tidak terlalu lebay untuk anime bergenre Mecha yang kebanyakan biasanya terdengar berisik. Disisi lain, Endingnya cukup kalem dan mellow. Lagu penutup anime ini disertai dengan ilustrasi yang menggambarkan tentang para tokoh di anime ini. Kalau kalian perhatikan dengan seksama, ilustrasi ini sebenarnya menceritakan tentang kepribadian dan masa lalu masing - masing karakter yang ada didalamnya. Hal inilah yang menurut saya memberikan efek sedih dan mellow mengingat masa lalu dari masing - masing karakter yang cukup suram.

Overall
Jalan Cerita : 7.5 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8 / 10
ID-0 : 7.8 / 10

Sejujurnya anime ini memiliki potensi yang cukup untuk menjadi anime yang keren. Hanya saja potensi ini tertutupi oleh beberapa plot hole yang terpampang dengan jelas di ceritanya. Meskipun demikian, kalau kalian suka anime bergenre Mecha dan lagi bosen nonton robot yang itu itu aja (aka Gundam) maka anime ini bisa jadi alternative yang menarik untuk ditonton.


Next

Related


EmoticonEmoticon