February 25, 2018

[Review Anime] Mahou Shoujo Lyrical Nanoha


Mahou Shoujo Lyrical Nanoha  merupakan anime bertema Mahou shoujo yang dirilis pada musim dingin 2004, anime ini adalah spin-off anime Triangle Heart yang merupakan anime yang diadaptasi dari novel visual yang berjudul sama. 

Judul : Mahou Shoujo Lyrical Nanoha

Tanggal Rilis : 3 Oktober 2004
Episode : 13
Durasi : 25 Menit per Eps
Genre : Action, Comedy, Drama, Magic, Super Power
Sumber Cerita : Original
Studio : Seven Arcs

Sinopsis 

Takamachi Nanoha,seorang siswi SD  yang pandai dalam pelajaran sekolah dan memiliki 2 teman dekat yang merupakan anak orang kaya. Siswi SD ini pada suatu hari dipertemukan dengan sebuah ferret yang bisa berbicara, Yuno Schriya dan dimintai tolong olehnya untuk membantunya dalam penyegelan lost logia (tekhnologi yang hilang yang penggunaan dan keberbahayaannya tak diketahui) bernama "Jewel Seed" menggunakan sihir yang dimilikinya, dan sebuah device (alat yang membantu menggunakan sihir) yang bernama "Raging Heart". Pertempuran melawan moster yang dibentuk dari jewel seed telah dimulai, namun ternyata tak hanya mereka yang mengincar benda itu, seorang Mahou shoujou lain (blonde twintai, baju minimalis) datang dan ikut mengganggu misi mereka, apakah yang menjadi motifnya, dan kenapa jewel seed tadi bisa tiba - tiba terlepas dari penjagaannya ...

Jalan Cerita
Mahou Shoujo Lyrical Nanoha pada awalnya terasa seperti cerita Mahou shoujo biasanya, namun cerita akan menjadi sangat seru saat Mahou shoujo yang satu lagi, ia yang membawa bardiche (device berbentuk segitiga yang bisa berubah menjadi schyte/celurit, bardiche/sejenis tombak yang pernah digunakan di eropa, dan pedang listrik) dan mengenakan barier jacket yang menyerupai pakaian renang, yang dapat bergerak layaknya kilat dan menembakkan petir. Pengembangan karakter dan konversasi antara dua karakter utama yang epik, lalu bahasa yang indah dan kesan militer yang membuat animeini tidak dapat dikatakan hanya untuk anak - anak. Tetapi satu!, hanya satu yang membuat saya agak... err.., tentang hewan maskotnya yang wujud sejatinya adalah manusia. Maksud saya, maskotnya yang berupa ferret itu sering terlihat mendekatkan mukanya ke Nanoha dan dielus - elus olehnya (mesum !!!, benar benar mesum !!, saat saya membayangkan bahwa feret itu adalah manusia .....)

Karakter
Karakter anime ini adalah karakter dari seri lain (seperti yang saya katakan diatas bahwa seri ini adalah spin-off). Disini saya akan membahas 2 Mahou shoujou yang menjadi karakter utama di anime ini. gadis yang baru - baru ini hanyalah seorang siswi SD biasa, dalam waktu yang dekat dapat menggunakan sihir setara dengan yang telah berlatih bertahun-tahun. Sifatnya yang ramah, meddlesome, agak jahil, dan serius membuat karakter ini terlihat sangat "kawaii" !!. Bayangkan !, gadis kelas 3 SD disuruh melawan moster, dan ia murung dengan serius waktu melihat ada korban yang berjatuhan yang padahal ia sudah berusaha dengan sekuat tenaganya (maksud saya pekerjaan ini bahkan bukan tanggung jawabnya ataupun kewajibannya), sungguh karakter yang tidak dapat kau temui di dunia nyata (hahahahaa..). Di season 1 ini Nanoha masih dalam masa belajar.. jadi saya tidak akan menulis kemampuannya dan beberapa spoilernya disini.. mungkin di season 3 ?

Art
Desain karakter yang unik (barier jacketnya sangat orisinil), lalu pergerakan karakter yang bahkan lebih mulus daripada anime tahun 2015 ini (wogh..), lingkaran sihir yang keren dan gambar yang tetap bagus sepanjang ceritanya. Meskipun tahunnya ya.. begitulah rambut yang berlebihan masih dalam lingkungan yang dapat dimaklumi.

Ost
BGM dan sound effect beamnya pas, Openingnya "innoncent starter" yang dinyanyikan oleh Nana Mizuki yang juga pengisi suara Fate Testarossa sukses membuat saya berkeinginan untuk mengunduh albumnya.

Overall
Jalan Cerita : 8 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 8.5 / 10
Mahou Shoujo Lyrical Nanoha : 8.3 / 10

Anime yang awalnya dibuat secara iseng yang menjadi satu franchise yang sangat besar (sejauh ini sudah ada 2 movie, 4 seri anime, dan 2 komik yang masih berlanjut, belum yang novelnya..), fakta itu saja sudah dapat membuat orang menebak bahwa cerita Mahou Shoujou Lyrical Nanoha ini memiliki daya tarik tersendiri sampai - sampai bisa menjadi seperti itu.


Next

Related


EmoticonEmoticon