February 03, 2018

[Review Anime] Little Busters!: Refrain


Masih berlanjut dengan dengan seri Little Busters. Kali ini saya ingin mereview season 2 nya, yaitu Little Busters! Refrain. Dirilis pada musim fall 2013.

Judul : Little Busters!: Refrain
Tanggal Rilis : 5 Oktober 2013
Episode : 13
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life, Supernatural
Sumber Cerita : Visual novel
Studio : J.C.Staff

Sinopsis

Riki dan Rin akhirnya berhasil merekrut anggota Little Busters baru yaitu Kamikita Komari, Kudryavka Noumi, Kurugaya Yuiko, Nishizono Mio, dan Saigusa Haruka. Cerita sesungguhnya dimulai, dimana Riki dan Rin sebelumnya mendapat surat yang tak diketahui siapa pengirim nya. surat itu selalu dibawa oleh salah satu kucing Rin, yaitu Lennon. surat itu berisi tentang rahasia dunia, dimana Riki dan Rin dapat mengetahuhi kebenaran rahasia dunia tersebut jika mereka mampu menyelesaikan tugas dalam surat tersebut. Setelah Riki dan Rin menyelesaikan tugas dalam surat itu perlahan Riki mengetahui siapa pengirim surat misterius itu. mampukah Riki dan Rin mencari kebenaran tentang rahasia dunia tersebut?

Jalan Cerita
Ceritanya bagus banget, mampu membuat saya nonton semalaman, karena dari awal saya sudah tak dapat menahan nonton untuk esok harinya. Dari episode ke episode ceritanya terus berkembang dengan baik, saya nonton tak mampu membuat prediksi seperti apa jalan cerita kedepannya. Dan setiap episodenya memberikan suatu kejutan.

Karakter
Untuk karakter lebih berfokus pada para anggota Little Busters lama, yaitu Riki, Rin, Kyousuke, Kengo, dan Masato. Para anggota Little Busters baru disini hanya jadi karakter pendukung. Walaupun pendukung, tapi peran mereka sangat penting untuk pengembangan cerita di anime ini.

Art
Artnya cukup bagus, banyak memuat scene hening. Saya nominasikan Art Little Busters! Refrain masuk 10 besar anime dengan Art terbaik tahun 2013.

Ost
Musik juga menjadi salah satu kekuatan utama di season ke-2 ini. Opening music dengan judul "boys be smile by suzuyu" memberikan suasana kesedihan dan rasa putus asa. Ending musik ada beberapa judul dan yang kali ini saya pilih dengan judul "Kimi to no Nakushi Mono" by Ayaka Kitazawa. Ending music ini malah jadi kelemahan Little Busters! Refrain karena lagunya memberikan nuansa funny moments dan Slice of Life yang damai. Dan yang paling saya suka adalah musik pengiring sepanjang episodenya.

Overall
Jalan Cerita : 9.4 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 8.2 / 10
Ost : 9 / 10
Little Busters!: Refrain : 9 / 10

Di season 2 ini ceritanya lebih dominan ke Drama dan Supernatural. untuk Romance rasanya hanya setengah dari keseluruhan cerita.


Next

Related


EmoticonEmoticon