February 11, 2018

[Review Anime] Captain Earth


Anime Captain Earth ini tampaknya seru, itu yang pertama saya bayangkan dan sebagai penggemar Mecha ya pastinya saya tonton. Waktu itu saya tonton berbarengan dengan Mecha satu lagi yaitu M3 Sono Kuroki Hagane, Sip lah dari sinopsisnya yang saya lihat ada battle luar angkasa yang lumayan menjanjikan.

Judul : Captain Earth
Tanggal Rilis : 6 April 2014
Episode : 25
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Mecha, Romance, Sci-Fi, Space
Sumber Cerita : Original
Studio : Bones

Sinopsis

Suatu malam tepat sebelum liburan musim panas, Daiji Manatsu, siswa kelas 2 SMA melihat putaran pelangi aneh mengambang di langit atas Seed Island (Shuushi/Tane Island) dan mengadu nasib di sana seorang diri. Dia telah melihat pelangi ini sebelumnya. Dengan ingatan kematian ayahnya yang misterius dan pertemuan antara pria dan gadis misterius, Daiji tiba di pulau itu saat alarm bangunan berlabel “Earth Engine” meledak. Seseorang bertanya padanya “Apakah kau seorang kapten? layaknya robot penyusup dari Uranus yang disebut “Kitgang”. Pertempuran di sekitar bintang-bintang bersinar akan segera dimulai.

Jalan Cerita
Kesan pertama yang saya rasakan setelah nonton anime ini, saya gak ngerti apa - apa, dan bahkan sampai tamat pun saya masih tetap  gak ngerti apa - apa. Ceritanya berat, dengan konflik politik yang kuat. Kedengarannya menarik tapi dengan tanpa adanya penjelasan atas apa yang terjadi itu seperti antiklimaks. Minimnya penjelasan, asal-usul dan latar belakang tentang faksi - faksi yang ada seperti Saltydog, Globe, Planetary Gear dll, membuat ceritanya banyak yang gak nyambung. Selain itu juga kekuatan - kekuatan magic yang tidak jelas sumber maupun penjelasannya, jadi kita tidak bisa menikmati konflik berat dan hanya menitik beratkan di cerita Action ringan saja. Sisi Mecha pun tidak dieksplor dengan baik dan hanya memfokuskan ke empat karakter utama saja.

Karakter
Tiap karakter punya kekuatan masing - masing, ada yang mempunya pistol livlaster, pesawat ruang angkasa super gede, hacker dan kiltgang yang “menyimpang”. Karakternya mudah disukai menjadi daya tarik yang bagus, walaupun secara keseluruhan baik yang utama maupun figuran gak ada pengembangan maupun penjelasan khusus.

Art
Visualnya cukup keren, Mechanya juga sudah terlihat luar angkasa banget. Grafisnya bagus dan jadi fanservice buat mata. Pertempuran antar robot, visualisasi dari setiap perubahan maupun kemunculan musuh begitu Wow, sampai lupa mendeskripsikan konsepnya.

Ost
Soundtracknya bagus, tapi BGM dan efek suara terkesan generik dan biasa saja. Hal yang juga kurang adalah penempatan musik, misal ketika bertempur hebat tapi tugas musik untuk mendramatisir tidak dilakukan jadi rasanya agak nanggung.

Overall
Jalan Cerita : 6 / 10
Karakter : 7 / 10
Art : 8.5 / 10
Ost : 6.8 / 10
Captain Earth : 7 / 10

Bila kalian tidak peduli terhadap konsep, latar belakang dan asal muasal namun hanya peduli terhadap cerita yang linear, gak banyak mikir dan animasi yang bagus, Captain Earth adalah tontonan yang menarik. Namun sangat jarang kita temui penonton tipe tersebut karena penggemar Mecha menitikberatkan konflik dan cerita yang berat tapi memiliki penjelasan yang memadai.


Next

Related


EmoticonEmoticon