January 18, 2018

[Review Anime] Toaru Kagaku no Railgun (S1+S2)


Kali ini saya akan mereview Side Story dari anime Toaru Majutsu no Index, yang berjudul Toaru Kagaku no Railgun.

Judul : Toaru Kagaku no Railgun & Toaru Kagaku no Railgun S
Tanggal Rilis : S1: 3 Oktober 2009, S2: 12 April 2013
Episode : (24+24) 48
Durasi : 24 Menit per Eps
Genre : Action, Sci-Fi, Super Power
Sumber Cerita : Manga
Studio : J.C.Staff

Sinopsis
Anime ini berlatar di Academy City, sebuah kota khusus di tepi laut Tokyo yang dibangun secara khusus untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, disamping dipenuhi oleh sekolah dan universitas, tingkat teknologi di kota ini jauh lebih maju jika dibandingkan dengan kota-kota lain di seluruh dunia. Bidang penelitian khusus yang ada dikembangkan di Academic City adalah mengenai kekuatan esper. Tokoh utamanya bernama Misaka Mikoto, siswi SMP Tokiwadai yang menduduki peringkat ketiga dari tujuh esper terkuat (level 5) yang ada di kota tersebut.

Jalan Cerita
Anime ini adalah Side Story dari To Aru Majutsu no Index (walau tetap bisa dicerna tanpa harus menonton Index). Aksi - aksinya sangat bagus, dan nyaris tanpa cela. Selain itu, meski kalian nggak suka dengan anime bertema futuristik, di Railgun kesan ini menjadi hilang.
Season pertama berkisah tentang perjuangan Mikoto dkk dalam menghadapi masalah esper dan non-esper yang mengganggu kenyamanan dan ketertiban di Academy City. Sedangkan di season kedua, masalah yang terjadi lebih besar dari apa yang Misaka bisa tangani, dimana dia harus berhadapan dengan sisi gelap dari Academy City itu sendiri.

Karakter
Saya akan membahas karakter yang penting saja. Pertama Misaka Mikoto, Seorang pelajar tingkat 2 SMP Tokiwadai, juga salah satu dari esper level 5 #3 ‘Railgun’ di Academy City. Meski agak tomboy, dia juga mempunya sisi manis dan kekanakan. Kemampuanya adalah memanipulasi listrik sehingga ia dijuluki Railgun. Adik kelas Mikoto sekaligus teman sekamarnya. Kuroko juga seorang esper level 4 sekaligus anggota Judgement, organisasi keamanan siswa-siswi dikota akademi. Nampak menyukai Mikoto (Yuri?). Kemampuannya adalah teleportasi. Kuroko Shirai, Adik kelas Mikoto sekaligus teman sekamarnya. Kuroko juga seorang esper level 4 sekaligus anggota Judgement, organisasi keamanan siswa-siswi Academy City. Nampak menyukai Mikoto (Yuri?). Kemampuannya adalah teleportasi. Ruiko Saten, Seorang Level 0 dari SMP Sakugawa dan juga salah satu teman Mikoto. Dia ceria dan mudah diajak bergaul. Sangat menyenagi rumor - rumor aneh yang ada di Academy City. Kazari Uiharu, Teman satu sekolah Saten dan juga rekan kerja Kuroko di Judgement. Seorang yang memiliki kemampuan Hacking luar bisa di Academy City. Touma Kamijou, Karakter utama di To Aru Majutsu no Index dan hanya karakter sampingan di To Aru Majutsu no Railgun. Seorang level 0, meski begitu kemampuan yang dimilikinya ‘Imagine Breaker’ bisa meniadakan segala kekuatan sihir dan esper atau apapun selama itu kekuatan yang tak masuk di akal (supranatural) sekaligus keberuntungan miliknya sendiri.

Art
Tak bisa dipungkiri J.C.Staff selaku studio yang sudah berdiri cukup lama dijepang dan melahirkan berbagai anime popular lainnya  menyuguhkan animasi dan desain karakter  yang bagus cukup bagus. Tidak "wah" tapi kualitasnya sesuai dengan jalan ceritanya.

Ost
Saya suka dengan semua Openingnya yang dinyanyikan oleh fripside mulai dari Only My Railgun, Future Gazer, Level 5 Judgelight, Sister's Noise, Last Fortune sampai Eternal Reality. juga dibarengi oleh sound director yang sering mengani musik anime terkenal lainnya. Saya rasa tak ada masalah dibagian musik.

Overall
Jalan Cerita : 9 / 10
Karakter : 8.5 / 10
Art : 8 / 10
Ost : 9.2 / 10
Toaru Kagaku no Railgun (S1+S2) : 8.8 / 10

Jika kalian ingin menonton semua seri Toaru urutannya seperti ini: Toaru Majutsu no Index (S1) -> Toaru Kagaku no Railgun (S1) -> Toaru Majutsu no Index (S2) -> Toaru Kagaku no Railgun (S2)

Next

Related


EmoticonEmoticon